Teknik Cara Mengatasi Kekurangan Serat Dan Indikasinya Pada Tubuh


Sudah kita ketahui bersama bahwa serat pada makanan mempunyai kegunaan yang cukup signifikan buat tubuh manusia. Bahkan  kegunaan dari banyak mengonsumsi serat dibidang kesehatan sudah dikenal sejak 1970. Serat makanan sebetulnya merupakan bahan yang menyusun dinding sel tanaman yang pada umumnya terdapat dalam tumbuhan.


Banyak dari hasil penelitian yang membuktikan bahwa orang yang sering mengonsumsi serat jarang mengalami sakit.Makanan yang berserat dalam prosesnya akan diserap oleh saluran pencernaan. Ada dua macam serat yang telah dikenal dalam dunia kesehatan yaitu : serat yang larut dalam air. Bila kurang asupan buah, sayur,dan biji-bijian, maka ada baiknya anda berhati-hati karena dapat memicu potensi penyakit jantung, kanker,dan lainnya .Ada empat tanda utama yang perlu diperhatikan saat anda kekurangan serat


Sembelit

Indikasi sembelit dapat dilihat saat  kurangnya anda melakukan buang air besar dalam sepekan, serta fases keras dan kering. Selain itu sembelit juga dapat muncul karena kurang olahraga dan pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi. Buat mengantisipasi hal ini, ada baiknya anda mulai sering mengonsumsi apel, wortel, brokoli dan biji-bjian secara bertahap. Kelima makanan ini mempunyai kandungan serat yang bagus. selain itu, usahakankan juga perbanyak minum air putih dan berolahraga secara teratur.


Berat Badan Bertambah 

Serat membuat anda cepat kenyang,tapi dengan kualitas nyaman.Bila tidak mengalami perasaan itu,ada baiknya anda mulai mengonsumsi serat sebanyak 25-35gram sehari.


Fluktuasi Kadar Gula

Penyakit seperti diabetes melitus dan sulit mengontrol kadar gula darah,salah satu faktor pemicunya ialah kurang serat.Untuk mengantisipasinya,tambahkan beberapa produk segar dan makanan tinggi serat dalam diet anda.


Mual Terkait Dengan Diet

Konsumsi kalori yang sebagian besar didapatkan dari makanan tinggi protein atau rendah karbohidrat tidak hanya meningkatkan kolestrol, namun juga membuat anda lemah, mual dan lelah. Sebab itu, tingkatkan asupan serat dan kurangi makanan berlemak. Bila anda salah satu indikasi diatas yang sering dialami ,sebaiknya anda segsra memperbanyak konsumsi serat dan jangan lupa bertanya dengan dokter anda.

asli: http://sehatluarbiasa.blogspot.com/2012/06/serat-dalam-tubuh-indikasi-dan-cara.html