Mengkonsumsi Minyak Zaitun Dianjurkan Buat Jantung

Mengkonsumsi Minyak Zaitun Dianjurkan Buat Jantung
Banyak hasil studi  merilis kegunaan dari minyak zaitun buat jantung sehat, namun hanya sedikit yang meneliti seberapa besar resiko kematian bisa diturunkan. Dalam suatu studi,  Ilmuwan mengkaji pola makan hampir 41.000 orang dewasa yang terlibat dalam European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition, yang dimulai 20 tahun kebelakang.

Sementara itu, hasil studi yang diposting dalam American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan, minyak zaitun tidak bisa membantu mencegah risiko kematian akibat kanker,  namun ada dampak yang besar dalam memperkecil risiko kematian akibat penyakit jantung. "Temuan ini sangat signifikan. Hal ini memberitahu kita bahwa minyak zaitun baik buat jantung," kata Dr Charles Knight dari Cardiovascular Society Inggris. "

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan polifenol, senyawa yang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh dan mungkin mengurangi risiko pembekuan darah. Dalam riset terbarunya, para peneliti asal Spanyol mempelajari data pada kebiasaan makan 40.622 pria dan wanita usia antara 29 tahun dan 69 tahun, yang diikuti selama lebih dari 13 tahun buat melihat efek minyak zaitun terhadap risiko kematian. Sepanjang riset tersebut, kurang dari 2.000 peserta meninggal, termasuk 956 diantaranya akibat kanker dan 416 akibat penyakit jantung.

Hasil analisa menunjukkan bahwa sukarelawan yang meninggal disebabkan penyakit jantung ternyata memakan minyak zaitun dalam jumlah kecil. Sedangkan mereka yang mengambil 29 gram atau lebih per hari (sekitar dua sendok makan) 44 persen kurang mungkin  meninggal akibat masalah jantung.