BAB Lancar Perlu Kebiasaan Ini


BAB atau Buang air besar adalah hal yang mesti kita laksanakan sebab kalau tidak melakukannya BAB,  perut pasti terasa sakit. Dibawah ini  langkah yang mesti anda kerjakan supaya BAB lancar :

1. Stop kebiasaan ngemil
Diantara jam makan tidak mengkonsumsi cemilan dahulu sebelum makanan yang Anda makan sebelumnya sudah selesai dicerna. Bila jarak antara sarapan, ngemil dan makan siang terlalu sedikit, saluran pencernaan Anda akan mengalami penumpukan makanan dan akan memicu sembelit.

2. Konsumsi makanan olahan dikurangi
Makanan olahan atau makanan kemasan mempunyai umur simpan tertentu dan umumnya mengandung pengawet yang tidak baik buat kesehatan pencernaan.

3. Cegahlah dehidrasi
Salah satu alasan sembelit adalah disebakan karena dehidrasi yang anda alami. Pada saaat tubuh mengalami dehidrasi, usus besar merupakan organ yang pertama kali merasakan akibatnya. Usus besar yang sehat mempunyai persentase cairan yang sangat tinggi. Tubuh Anda juga memerlukan cairan dari usus besar untuk mendukung organ-organ tubuh lainnya. Oleh sebab itu Anda butuh banyak minum air hingga 8 gelas per hari.

4. Kurangi konsumsi makanan yang sifatnya kering

Makanan yang kering seperti kacang, keripik, dan biskuit bisa menghambat proses pencernaan dan menyebabkan sembelit. Saat Anda memakannya, perbanyaklah minum air putih.

5. Rajin Berolahraga
Olahraga bisa meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal. Sehingga
pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit.

6. Pijat perut
Berikan pijatan lembut pada perut  saat sedang bersantai atau dalam keadaan perut yang tidak penuh. Hal ini akan membuat kondisi perut Anda rileks dan tenang sehingga dapat mencerna makanan dengan baik.

7. Tarik napas panjang
Sediakan waktu buat menarik napas panjang, tujuannya ialah untuk meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan. Ketika bernapas, sistem saraf Anda akan tenang dan mampu memperlancar proses pencernaan.