Kegunaan Batang Haver Yang Perlu Anda Tahu

Kegunanan Batang Haver
Tumbuhan lain yang serupa dengan gandum adalah batang haver atau avena sativa   tanaman ini mengandung zat yang ada digandum, termasuk tangkai.Batang haver dan gandum mempunyai gizi yang sangat mirip namun pada batang haver  terkandung lebih tinggi Vitamin A dan C daripada gandum. Batang haver berbentuk seperti gandum, mampu memberikan sejumlah manfaat jangka panjang  buat kesehatan. Akann tetapi belum adanya penelitian khusus yang meneliti manfaat spesifik dari batang haver.

Kolesterol

Gandum dan batang haver bisa menolong menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurut sebuah studi tahun 2010 yang di terbitkan dalam jurnal yang berjudul Aterosklerosis, gandum  merupakan  penurun kolesterol. Gandum dan batang haver juga mengandung antioksidan yang tinggi dan memiliki efek anti-inflamasi,  Para ilmuwan memberi  makanan  diet berat kepada seekor tikus ,baik dengan atau tanpa bubuk gandum. Hasilnya adalah tikus yang makan gandum memiliki kolesterol plasma lebih rendah. Dengan melakukan diet berat gandum juga menurunkan penanda inflamasi dan menghambat perkembangan lesi aterosklerotik.

Gula Darah

Gandum dan batang haver juga membantu mengontrol gula darah.Sebuah studi tahun 2005 yang di terbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, yang berjudul Gandum dibanding Barley dan Pengaruhnya Terhadap Kadar Glukosa.Dalam studi selama lima minggu, single-blind terkontrol,seseorang yang mengonsumsi barley dengan orang yang mengonsumsi gandum, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi gandum memiliki konsentrasi rendah glukosa dan insulin dibandingkan yang mengonsumsi barley tidak memiliki efek tersebut.

Memori dan Konsentrasi

Manfaat lain potensi batang haver melibatkan kognisi.Gandum dan batang haver membantu meningkatkan kinerja kognitif, menurut penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam peneliti menggunakan orang lanjut usia(lansia)yang memiliki kemampuan kognitif dibawah normal.Dengan cara lansia diberi ekstrak herbal gandum tiap seminggu sekali.peserta kemudian mengambil stroop berwarna untuk mengukur daya konsentrasi.Peneliti menentukan bahwa gandum ekstrak herbal dapat meningkatkan perhatian, konsentrasi dan kemampuan untuk mempertahankan fokus tugas pada para lansia.

Manfaat dan Efek Samping

Batang haver mungkin mempunyai potensi kegunaan jangka panjang, walaupun  penelitian yang kurang  akan tetapi batang haver tinggi akan kalsium, bisa dipakai membantu menguatkan tulang. Dikutip dari taman herb manfaat lain dari batang haver yakni mengurangi kecemasan, meningkatkan keseimbangan,mencegah insomnia dan mengobati iritasi kulit.Batang haver tidak memiliki efek samping, bila anda alergi terhadap gandum atau penyakit celiac, anda mesti hindari suplemen ini.Anda harus berkonsultasi pada dokter anda.