Info Bahaya Jajanan Jalan Bagi Sikecil


Anak-anak sangat suka Jajan dijalanan sepertinya  telah jadi kebiasaan anak sejak dulu. Meskipun sudah bawa bekal makanan dan minuman dari rumah, si Kecil kadang juga  membeli jajanan jalanan terbawa dari sugesti teman-temannya. Buat hal yang satu ini ada baiknya orangtua memberi perhatian extra  agar anak tidak menyukai jajanan tak sehat tersebut. 


Tdak adanya bekal akan jadi alasan utama anak yang merasa kelaparan di sekolah. Pola hidup orangtua akan mempengaruhi kebiasaan si Kecil. Misalnya saja: Orangtua yang tidak menyiapkan bekal  sebab terburu-terburu serta ketergesaan lagin di pagi hari. Orangtua harus lebih arif dan bijaksana dalam mengelola makanan anak sehingga jajan di luar rumah dapat dikesampingkan. Jika hendak jajan, setidaknya pilihlah penganan yang layak harga, ada jaminan higienisnya, bahkan lebih baik lagi menyiapkannya di rumah.
Bahaya kandungan jajanan jalanan antara lain:
Air mentah, beberapa penjual minuman segar seperti dawet, cendol, sirup dsb tak semuanya menggunakan air matang untuk dagangannya. Hal ini karena harga bahan bakar  yang tinggi yang tidak menutup untuk harga penjualan. Padahal ini sangat bahaya, minimal diare dapat menyerang si Kecil.
Pemanis dan pewarna buatan, jelly dan permen-permen ataupun kue-kue kecil yang djajakan di lingkungan sekolah tak layak bagi kesehatan. Gula dan pewarna buatan memiliki harga yang cukup jauh dengan gula alami. Padahal jika dikonsumsi dalam waktu yang lama, para ahli menyatakan dapat mengganggu sirkulasi darah, hiperaktif, kanker hingga gangguan mental.
Bahan narkoba, belakangan ini ada kasus yang menyatakan seorang penjaja makanan yang menawarkan perme yang dibubuhi narkoba. Si Kecil mampu kecanduan dan menjadi budak narkoba dalam masa depannya.
Kemasan Plastik, hampir seluruh bahan makanan anak-anak di sekolah dikemas dalam plastik. Pembungkus gorengan, pembungkus es, dll. Padahal tidak semua plastik ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan. Bahan plastik yang terbuat dari campuran bahan kimia ini dapat memberikan andil penyakit dikemudian hari.
Info cara mengantisipasi budaya jajan jalanan:
  1. Ajaklah bicara dan beri pengertian tentang bahaya jajanan di luar rumah
  2. Jadwalkan waktu yang regular supaya anak dapat sarapan di rumah.
  3. Bila memungkinkan, beri anak bekal makanan dan minuman dari rumah  buat mengantisipasi rasa lapar si Kecil.
  4. Mengolah makanan secara kreatif dan variatif.
  5. Memberi uang jajan tidak berlebihan dan biasakan sikecil buat menabung.