Info Cegah Depresi Kehamilan Dengan Yoga

Info Cegah Depresi Kehamilan Dengan Yoga

Info Cegah Depresi Kehamilan Dengan Yoga - Pada posting kali ini admin ide sehat bugar akan membahas tentang cara cegah depresi kehamilan dengan yoga. Kondisi hamil memang berpengaruh pada kondisi mental sang ibu dan ada beberapa hal yang butuh perhatian buat tetap menjaga ksehatan kehamilan. Berubahnya hormon yang terjadi selama kehamilan dapat memengaruhi kondisi emosional calon ibu. Salah satu cara buat menjaga supaya ibu hamil tetap rileks dan tenang menjalani kehamilannya ialah dengan mengikuti yoga.

Dalam sebuah riset terbukti berlatih yoga selama 10 minggu dapat mengurangi depresi pada ibu hamil sekaligus meningkatkan ikatan antara ibu dan calon bayi.

Penelitian dilakukan pada wanita dengan usia kehamilan 12-26 minggu yang menunjukkan gejala depresi.

“Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa yoga dapat menjadi alternatif dari terapi obat-obatan untuk mengatasi gejala depresi pada ibu hamil,” kata Maria Muzik, peneliti dari Universitas Michigan yang melakukan riset ini.

Ketidakstabilan mental selama kehamilan, termasuk depresi dan kecemasan, sekarang menjadi perhatian dunia kedokteran. Perubahan hormon, faktor genetik dan faktor sosial dianggap memengaruhi kondisi emosi ibu hamil.

Pengaruh stres pada kehamilan sudah cukup banyak diteliti, Contohnya saja kenaikan berat badan bayi yang rendah, preeklampsia, persalinan prematur, serta kesulitan ibu untuk melakukan bonding dengan bayi pasca persalinan. Penelitian juga menunjukkan, kesedihan yang dirasakan ibu selama hamil bisa ditularkan pada bayinya.

Walau obat-obatan terbukti efektif mengatasi depresi kehamilan, namun dikhawatirkan akan ada pengaruhnya pada bayi.

Yoga sudah terbukti bukan hanya meredakan gejala-gejala stres, namun juga menjaga supaya pikiran calon ibu tetap santai dan tenang, sekaligus meningkatkan energi.

Disadur dari berbagai sumber.