Gunakan Terapi Warna Buat Atasi Depresi


Gunakan Terapi Warna Buat Atasi Depresi

Apakah terapi warna bisa atasi depresi? pertanyaan ini sangat seringkali kita dengar. Dan dalam hidup kita sehari-hari, tanpa sadar warna bisa memberi pengaruh bagi tubuh kita. Bisa dibayangkan kalau Anda tinggal di suatu ruangan yang berwarna hitam kelam atau coklat tua, pastilah tubuh dan pikiran Anda enggan buat berlama-lama tinggal di tempat tersebut. Contoh sederhana tersebut menjadi salah satu dasar dari terapi warna ini. Bila kombinasi warna tertentu bisa menyebabkan pikiran kita stress dan depresi maka tentulah ada kombinasi warna lain yang menyebabkan pikiran kita tenang dan rileks.

Menurut salah seoarang pakar kejiwaan, meditasi maupun terapi warna bisa menyingkirkan masalah depresi. Tidak hanya itu, terapi warna juga bisa mengobati rasa mengantuk yang berlebihan dan nafsu makan yang tidak terkontrol.

Para ahli menunjukkan bahwa ketika melaksanakan terapi warna, reseptor mata mengatur secara silih berganti waktu tidur dan terjaga yang merupakan aktivitas dari proses berpikir dan mood seseorang. Terapi warna mengurangi produksi melanin (hormon tidur) dan menstimulasi bioritme tubuh untuk terus aktif. Berikut adalah warna-warna yang bisa bantu atasi depresi:

A. Oranye
Warna oranye melambangkan warna matahari yang dipercaya efektif dalam memperbaiki mood dan konsentrasi. Selain itu, warna ini juga dapat menenangkan perasaan takut yang seringkali disertai dengan kecemasan.

B. Kuning
Warna kuning berhubungan dengan cakra solar plexus yang mempengaruhi intelektual dan pengambilan keputusan. Warna kuning dapat menstimulasi konsentrasi. Warna ini dapat mengurangi keluhan penyakit yang berhubungan dengan stress.

C. Indigo
Warna indigo (biru tua) cocok untuk mengatasi gangguan mental seperti rasa cemas dan depresi. Efek tenang yang dihasilkan warna ini disebut-sebut dapat menghilangkan rasa cemas.

D. Biru
Warna biru bisa membuat orang yang memandangnya merasa damai secara mental dan fisik. Jika Anda memiliki gangguan tidur yang disebabkan oleh depresi, mengecat dinding kamar menjadi warna biru juga bisa jadi pilihan untuk mengatasinya.

E. Ungu violet
Warna ungu violet dipakai dalam terapi warna untuk menenangkan susunan saraf, otot, dan mendukung penyembuhan depresi. Bahkan menurut National Center for Health and Wellness, warna ini dapat membantu mengobati organ tubuh yang terkena dampak stres.

Ada banyak cara buat menerapkan terapi ini ke dalam hidup kita sehari-hari. Beberapa di antaranya aialah dengan duduk di bawah lampu yang memancarkan cahaya biru, memakai pakaian berwarna biru, mengecat dinding rumah atau yang paling mudah dengan mengenakan kacamata berlensa warna biru.

Disadur dari berbagai sumber